Loading...

header image

Depan arrow Tempat Penting arrow Klenteng arrow Replika Kapal Cheng Ho
Replika Kapal Cheng Ho
14. Mei 2007 jam 13:32

 Laksamana Cheng Ho dikenal sebagai pemimpin yang handal, cerdik, arif dan mahir dalam ilmu pelayaran. Hal tersebut menyebabkan Cheng Ho dipilih menjadi pemimpin dalam misi perdamaian, membangun jalur baru dalam persahabatan dan tukar menukar kemajuan teknologi kepada negara - negara tetangga yang ada di semenanjung Lautan Hindia.

Sepanjang waktu pelayaran 7 kali ke Asia dan Afrika, misi perdamaian Cheng Ho dengan lebih dari 200 kapal dan 27.800 awak yang berangkat pada 11 Juli 1405 juga singgah di perairan Semarang. Cheng Ho kemudian mendapat gelar Sam Poo Tay Djien.

Pada peringatan kedatangan Cheng Ho ke 600 di Semarang tahun 2005 lalu, sebuah replika kapal laksamana tersebut dibangun diatas Kali Semarang menggunakan bahan kayu dan bambu, namun karena kondisinya yang semi permanen, replika tersebut akhirnya dibongkar. Untuk menggantikannya, Yayasan Klenteng Tay Kak Sie kembali membangun replika kapal Laksamana Cheng Ho dengan konstruksi permanen menggunakan pondasi beton dan rangka besi ditempat replika yang lama. Dengan harapan dapat membantu mengembangkan dunia pariwisata di Jawa Tengah dan memeriahkan acara Semarang Pesona Asia, diharapkan replika kapal ini akan selesai pembangunannya pada awal bulan Agustus mendatang. Pembangunan replika kapal Laksamana Cheng Ho ini menghabiskan dana sekitar 1,2 milyar Rupiah, bagi anda yang berkenan membantu pendanaan replika kapal tersebut dapat mengirimkan sumbangan ke rekening Bank Eksekutif Internasional cabang Semarang, no rekening 1000120098 atas nama Panitia Pembangunan Cheng Ho Ship.
Last Updated ( 14. Mei 2007 jam 13:33 )
Peta
peta